Ini 6 Manfaat Website Bagi Perusahaan Yang Jarang Diketahui

manfaat website bagi perusahaan

Bagus Indraw

April 2024

Manfaat website bagi perusahaan (khususnya website company profile), tidak terlihat secara eksplisit begitu saja.

Ada banyak pengusaha atau pemilik usaha yang enggan membuatkan usahanya website, apakah anda juga?

Enggan membuat website tersebut biasanya karena kita berpikiran sudah ada Facebook, ada Instagram, ada Twitter, ada yang lain-lain, gratis pula. Maka, apa manfaat website bagi perusahaan?

Coba kalau tiba-tiba fb, ig, x atau platform PIHAK KETIGA lainya tiba-tiba menghilang. Apa yang akan terjadi pada usaha anda?

Dan, sebenarnya ketika anda sedang memakai fb, ig atau yang lainnya, itu tidak ada bedanya dengan memakai website, hanya saja anda menumpang di website orang lain.

Sebelum ke manfaat, saya ingin bocorin dulu apa kerugian jika anda tidak mulai menyiapkan website untuk perusahaan anda.

1. Tidak Punya Data Pembeli

Karna anda menumpang di website orang lain, data pembeli yang seharusnya milik anda jadi milik platform tempat anda menumpang.

Kalau anda mau pakai data pembeli? Anda disuruh bayar, makanya ada Fb ads, Ig ads, dll.

Beda cerita kalau anda punya website, setiap orang yang datang dan berinteraksi dengan website anda bisa di-tracking.

Nama, kontak email, no Whatsapp dan lain-lain bisa jadi milik anda dan anda simpan sendiri. Yang kata lainnya anda jadi punya database pembeli.

Apa untungnya? Saat ada produk baru, saat mau jalankan marketing, anda tinggal broadcast database yang anda punya, dan data itu GRATIS karna milik anda.

2. Tidak Punya Tempat di Google

Kalau Google pencarian ibarat jalan raya, maka website adalah bangunan-bangunan yang berdiri tepat di samping jalan tersebut.

Kalau saya boleh jujur, orang-orang yang lalu lalang di Google lebih potensial dari pada yang di sosial media, kenapa?

Karena yang di Google sudah pasti perlu atau setidak-tidaknya ingin, kalau tidak begitu dia tidak bakal nyari di Google kan?

Nah, pertanyaanya BAGAIMANA CALON PEMBELI BISA MENEMUKAN USAHA ANDA di Google saat anda tidak punya website (tidak punya bangunan di samping jalan Google nya)?

3. Terlalu Tergantung Pihak Ketiga

Saat anda terlalu tergantung pada pihak ketiga seperti fb, ig atau yang lainnya, saya jadi harus bertanya, apakah anda berniat serius memajukan usaha anda?

Kalau pihak ketiga tersebut memutuskan untuk tutup, masak anda juga ikut tutup? Kan tidak lucu ya.

Beda cerita kalau anda sudah punya website, mau mereka tutup atau tidak, anda tetap online dan tentunya sudah punya basis data pembeli sendiri.

Namun... Saya mau disklaimer, bukan berarti sosial media atau yang sejanisnya tidak bermanfaat, malah bisa anda pakai untuk alat penunjang trafik ke website.

Mereka yang sudah ahli, akan (mencuri) data milik platform sosial media agar menjadi miliknya.

Makanya banyak perusahaan yang memakai strategi osial media sebagai penghubung ke website, orang-orang di sosial media diarahkan ke website agar data mereka menjadi milik sendiri.

Selain itu, sosial media adalah platform bagus saat anda baru memulai, namun sekali lagi, terlalu bergantung pada pihak ketiga tentu bukan hal yang bagus, betul?

Setelah anda tahu kalau tidak punya website itu rugi sekali, sekarang mari kita lihat apa saja keuntungan memiliki website, selain kebalikan dari kerugian tadi.

1. Meningkatkan Kredibelitas

Kalau website anda dibuat dengan profesional sesuai buyer persona usaha anda, sudah pasti nama usaha anda akan meningkat kredibelitasnya di mata calon pembeli.

Apalagi kalau di website tersebut, ada video tentang usaha anda, ada foto-foto galeri, ada foto dokumen legalitas, ada screenshoot testimoni, ada live komentar dan lain-lain.

Sudah pasti juga citra perusahaan anda akan meningkat. Di website anda bisa menyusun semua hal itu secara profesional dan sesuai kebutuhan calon pembeli.

2. Menunjukkan Keseriusan

Website profesional itu tidak gratis, betul. Tapi... Membuat website itu bukan termasuk pengeluaran, itu termasuk investasi.

Karena jika dirawat dengan baik (misalnya rajin dibuatkan konten seperti di sosial media), maka website akan memberikan anda return jangka panjang yang luar biasa.

Itulah kenapa, calon pembeli akan melihat usaha anda serius karena anda berani berinvestasi untuk kemajuan usaha.

3. Sarana Informasi

Memiliki kompetitor adalah hal wajar di dunia usaha, yang agak tidak wajar adalah adanya perang informasi untuk melemahkan kompetitor.

Kalau anda pernah dengar istilah "hoax" atau "buzzer", maka anda pasti tahu maksud saya.

Jika anda memiliki website, anda punya saluran official yang menjadi pusat dari semua informasi.

Dan enaknya lagi, di website anda bisa menjelaskan informasi sedetail mungkin karena tidak ada batasan.

4. Sarana Digital Marketing

Yang ini paling keren, karena website adalah senjata marketing sakti yang sekalinya dipakai dengan benar bisa memotong segala hal.

Saya kasih tahu caranya, di website akan dibuat halaman dengan judul yang akan mencerminkan kebutuhan calon pembeli ( misalnya judul di website anda: Maduz - Madu Asli Bali ).

Maka, saat ada orang yang ingi madu asli Bali dan mencari di Google, website anda muncul.

Calon pembeli pun mengklik website anda, setelah dibaca dan dilihat-lihat, ia yakin dengan produk anda, kemudian ia menghubungi anda dan melakukan pembelian.

Itu baru dari satu orang, faktanya ada ribuan - jutaan pencarian setiap hari di Google, dan kalau 10% saja masuk ke website anda, bisa dibayangkan pusingnya anda membungkus produk-produk anda :)

5. Efisiensi Waktu CS

Pernah mengalami calon pembeli nanya ini-itu dan anda saat itu sedang sibuk atau CS anda lelet menanggapi yang pada akhirnya calon pembeli kabur?

Hal itu tidak akan pernah terjadi jika anda memiliki website, karena calon pembeli bisa membaca di website anda.

Atau CS anda hanya tinggal mengirim link saja untuk pertanyaan-pertanyaan umum yang jawabannya sudah ada di website.

Jadi sat-set sat-set dan calon pembeli tidak kabur.

6. Menjangkau Pasar Internasional

Yang ini sudah pasti, ya. Website itu jangkauanya internasional tidak seperti Google Maps, orang dari belahan bumi manapun bisa menemukan usaha anda melalui website.

Apalagi kalau di website anda memasang bahasa yang otomatis menyesuaikan dengan dari negara mana si pembaca mencari, maka peluang produk anda tembus pasar internasional akan jauh lebih besar.

Keren sekali bukan?

Jadi, itulah 6 manfaat website bagi perusahaan yang jarang diketahui.

Dan untuk anda yang ingin memiliki website perusahaan profesional, yuk hubungi ndrwdev.com untuk memenuhi kebutuhan website profesional anda tersebut.

Ingin Tahu Lebih Detail?

Yuk konsultasikan terkait layanan kami untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

whatsapp ndrwdev.com